Selamat Datang di Website Resmi SMP IT Permata Bunda Islamic Boarding School

Selasa, 21 November 2017

Tak Ada Peluang Untuk Waktu Terbuang



Sebagai sekolah boarding, SMP Islam Terpadu Permata Bunda senantiasa berusaha menghadirkan kesempatan yang beragam untuk para siswa dalam menggali, memperdalam, dan mengembangkan potensinya. Ada waktu yang cukup lama mereka berada di asrama. Setelah rutinitas kegiatan belajar dan mengekspresikan diri di sekolah, sore merupakan waktu longgar yang tersedia untuk aktivitas pilihan. Dari ratusan siswa dan siswi di sekolah ini, tentu ada sekian ratus potensi yang dimiliki. Hal ini juga diakui oleh para pelaku pendidikan yang memahami keragaman dan keistimewaan setiap diri siswa. Untuk memfasilitasi hal tersebut, SMPIT permata Bunda Islamic Boarding School menghadirkan solusi kegiatan ekstra kurikuler di sore harinya. 

Seperti di sore ini, ada tiga ekskul yang sedang berlangsung. Ekskul Nasyid, bagi para siswa yang ingin memperdalam bakat mereka dalam bidang tarik suara. Tak semua yang mengikuti ekskul ini memiliki kualitas suara bagus. Namun mereka tetap berusaha mengikuti arahan dari instruktur. Tentu saja dengan latihan yang rutin, akan mendapatkan hasil yang semakin baik. Ekskul nasyid dipandu oleh seorang instruktur yang energik, M. Syahrudin G. S., S. Pd. Beliau adalah seorang guru IPS. Tapi ternyata memiliki bakat yang luar biasa dalam hal tarik suara. Jangan ditanya tentang prestasinya. Tim nasyid binaan Pak Endin (ini sapaan akrab beliau), sudah sering mengikuti kompetisi nasyid tingkat kota, provinsi, bahkan nasional. 

“ Ini hobi saya. Dan saya sangat ingin menularkan ilmu kepada anak - anak. Sekarang ini penggiat nasyid sudah berkurang. Padahal dari nasyid ini juga merupakan media dakwah.” Ujar Pak Endin ketika ditemui sore ini. 


Selain ekskul nasyid, ada juga ekskul PMR. Ada beragam alasan para siswa mengikuti ekskul ini. alasan kebanyakan adalah karena mereka ingin menjadi dokter. Apakah dari ekskul ini bisa menjembatani? Ya, setidaknya dasar - dasar kesehatan sudah mulai dipelajari di ekskul Palang Merah Remaja. Instruktur ekskul ini adalah Ibu Aprilia Fitriyani, S. Pd. beliau adalah guru Bahasa Indonesia di SMPIT Permata Bunda Islamic Boarding School.

“ Dengan mengikuti ekskul ini, para siswa bisa tumbuh rasa peduli terhadap sesamanya. Jika ada yang terluka fisik, ya diobati. Jika ada yang terluka mental, ya dihibur.” Ucap Bu Ani, ketika ditemui usai melatih anggota PMR.


“ Dari sini juga sebenarnya bisa melatih pribadi mereka agar terbiasa hidup disiplin, rapi, dan bersih.” Lanjut beliau. Ekskul PMR tak hanya menekankan dalam hal teori, yang berupa materi - materi dasar tentang kesehatan. Praktik langsung, secara praktis sehingga mudah diaplikasikan dalam keseharian adalah kegiatan yang tengah digalakkan. Ekskul PMR juga tengah mempersiapkan para anggotanya untuk mengikuti even - even lomba. Tentu saja hal ini sebagai acuan, sejauh mana kualitas dari anggota ekskul PMR di SMPIT Permata Bunda. Sehingga setiap anggotanya terlatih untuk meningkatkan keilmuan.

Ekskul selanjutnya yang aktif di hari Selasa adalah ekskul English Course. Dipandu oleh Mr. Adam Anugrah, mahasiswa UIN Raden Intan Lampung ini sangat bersemangat ketika mengajar para siswa di English Course. Memang belum semuanya mahir dalam berbahasa Inggris, tapi dengan mengikuti ekskul ini tentu saja akan ada perubahan yang semakin baik. Setidaknya dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Melalui ekskul ini, para siswa juga dipersiapkan untuk mengikuti lomba - lomba kebahasaan. Sehingga lebih fokus dalam pembinaannya.


Dengan kepadatan aktivitas ini, tentu saja tak memberi kesempatan bagi para siswa untuk menyia - nyiakan waktu. Ini adalah ekskul pilihan, yang pemilihannya berdasarkan minat dan bakat mereka. Dari pilihan ini, diharapkan setiap siswa bisa memanfaatkan peluang untuk menggali ilmu dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Sehingga tak ada alasan lagi untuk tak berprestasi. [des]

0 komentar:

Posting Komentar